• asiathemes[at]gmail[dot]com
  • (2)245 23 68

Karir di Luar Kerajaan Onitsha

Karir di Luar Kerajaan Onitsha

1.0 PREAMBLE:

Kota Onitsha yang terletak di sebelah timur Sungai Niger (nomenklatur asli: Onicha Ado n'Idu) adalah Kerajaan kuno dari orang Nigeria yang paling unik yang berevolusi sejak abad ke-14 dengan budaya dan adat istiadat yang sangat kaya yang diperkuat oleh hierarki yang jelas dan demarkasi tanggung jawab di antara kader administrasi tradisional. Pada puncak kader ini adalah Obi yang keagungannya diungkit oleh dukungan yang mampu dan kolaborasi lembaga-lembaga yang berbeda yang dipimpin oleh kepala suku bernama Ndi-Ichie.

Akibatnya, berbagai tingkat administrasi membantu memberikan panduan kepada Obi-in-Council dalam menawarkan nasihat yang bijaksana sambil memberikan demokrasi partisipatif yang patut dicontoh di seluruh lembaga pengaturan sosial-budaya dan pemangku kepentingan lainnya seperti Agbalanze-Onitsha (untuk jenis kelamin laki-laki), Otu-Odu (untuk jenis kelamin perempuan), dan masyarakat kelas usia.

Ringkasan warisan budaya Onitsha yang kaya dan lembaga kerajaan yang unik secara cemburu digenggam dalam perspektif MINDFUL oleh orang-orang yang selalu membangkitkan kecemburuan banyak orang karena, faktor-faktor asing dan tekanan modernitas saat ini belum mampu mengurangi arti penting dan rasa hormat yang melekat. ke Onitsha Monarchical Stool yang unik.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Onitsha indigene selalu dibedakan dan bangga di daerah masing-masing dari usaha tidak peduli tempat. Itu identik dengan gaya hidup orang yang sadar akan warisan dan nilai-nilai intinya. Orang seperti itu selalu berusaha tampil menonjol di antara orang banyak.

Setelah mengatakan sebanyak ini, itu relevan pada titik ini, untuk menghubungkan masalah Onitsha yang luar biasa dengan perhatian saat ini terutama topik makalah ini: 'Karir di luar Kerajaan Onitsha'.

2.0 PENDAHULUAN:

Pilihan topik ini dibuat dari semangat utama untuk secara positif memberikan kuota sederhana saya kepada tubuh pengetahuan yang ada dalam perkembangan anak dan remaja dengan penekanan pada karir. Selain itu, berkat judul yang diberikan kepada majalah gadis ini dari Onitsha-Ado Students Association dari University of Nigeria, Kampus Enugu, saya tidak bisa tidak berusaha menyajikan kertas sesuai dengan VISI mereka yang dalam keadaan saat ini adalah , menurut pendapat saya yang jujur, masuk akal.

Saat ini, dua pertanyaan mungkin muncul dalam pikiran. Pertama adalah: apa itu karir? Yang kedua adalah: apakah karir di luar Kerajaan Onitsha?

Sangat baik jika Anda penasaran seperti saya ketika mencoba untuk membuat makalah ini bersama. Sekarang mari kita coba membuat beberapa klarifikasi.

2.1 KARIR – ada definisi yang berbeda dari karir jangka mulai dari yang dalam kamus Chambers yang menyatakan karir sebagai kehidupan profesional seseorang, kemajuan dalam pekerjaan atau kemajuan seseorang melalui kehidupan pada umumnya. Namun, untuk tujuan makalah ini, saya lebih suka melihat karir dari perspektif UNESCO sebagai berikut:

"Interaksi peran kerja dan peran hidup lainnya selama masa hidup seseorang

termasuk pekerjaan yang dibayar dan tidak dibayar dalam kehidupan individu ".

Definisi di atas oleh UNESCO menunjukkan bahwa Orang-orang cenderung untuk membuat pola karir ketika mereka membuat keputusan tentang pendidikan, pekerjaan, keluarga dan peran kehidupan lainnya. Ingatlah bahwa telah ditetapkan bahwa orang Onitsha selama bertahun-tahun dengan cemburu mempertahankan warisan budaya mereka yang kaya dan institusi kerajaan yang unik dengan suatu perspektif MINDFUL yang umumnya mempengaruhi interaksi peran pekerjaan mereka dan peran hidup lainnya sejauh bahwa iri hati terangsang di banyak non Onitsha indigene.

Penggunaan istilah 'MINDFUL' adalah disengaja dan pedagogis dengan maksud untuk memiliki kata expatiated dalam konteks abjad dan adverbial sebagai penghitungan poin penjaga untuk menginformasikan pilihan karir yang akan berpotensi sesuai prestise, kebanggaan dan ketinggian di luar perbatasan kerajaan seseorang. Misalnya, kebutuhan yang menginformasikan konseptualisasi kehidupan di luar Kerajaan Onitsha hanya dapat dipenuhi ketika setiap pemuda Onitsha (Sarjana / Pascasarjana sejenis) mampu berpikir (ly) terlibat dalam interaksi peran kerja dan peran hidup lainnya berdasarkan pada beberapa pola karir yang dibuat dengan hati-hati yang dihasilkan dari keputusan yang sah yang dibuat tentang pendidikan, pekerjaan, keluarga dan bahkan peran rekreasi.

Untuk menjadi sadar (ly) terlibat dalam analogi lebih besar karena itu untuk dapat melakukan secara konsisten penilaian diri posisi seseorang dalam kaitannya dengan:

  1. Motivasi
  2. Minat
  3. Kebutuhan
  4. Tuntutan
  5. Masa depan
  6. Kegunaan
  7. Belajar
  8. Warisan
  9. Menghasilkan
  • Motivasi – ini adalah kekuatan yang mendasari yang menyebabkan atau merangsang seseorang untuk bertindak dengan cara yang biasanya tidak akan terbukti. Oleh karena itu sangat penting bahwa orang-orang menempatkan ke dalam perspektif semua aspek disiplin, program studi atau peran kerja yang mungkin diperlukan dari waktu ke waktu untuk merangsang mereka ke dalam melakukan lebih dari yang biasanya sudah jelas. Dengan cara itu, individu mungkin dapat menjangkau melampaui batas dalam karirnya. Sebagai panduan, temukan di bawah ini beberapa aspek spesifik dari pekerjaan yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat pilihan:

    • Sifat pekerjaan – ini termasuk deskripsi pekerjaan, jadwal kerja, jam yang dihabiskan untuk pekerjaan, alat yang tersedia untuk digunakan pada pekerjaan e.t.c.
    • Prospek dan kemajuan pekerjaan – sebagai mahasiswa dan pemuda yang energik, tidak akan bijaksana untuk menghabiskan semua masa muda Anda merangkak naik tangga tingkat hierarki dalam organisasi apa pun. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui dengan baik sebelumnya jumlah tahun yang Anda perlukan untuk bekerja sebelum dipromosikan. Penting juga untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan pada pekerjaan untuk memfasilitasi promosi baik cepat atau reguler.
    • Gaji dan manfaat lainnya – penelitian telah mengungkapkan bahwa salah satu faktor motivasi untuk memilih pekerjaan adalah manfaat ekonomi yang melekat pada pekerjaan itu. Meskipun demikian, gaji dan tunjangan lain juga merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan.
    • Bahaya pekerjaan – sebagai siswa, Anda harus tahu bahwa tidak ada pekerjaan yang tidak memiliki bahaya yang menurut definisi dapat merujuk pada bahaya, kesulitan atau pelecehan yang dihadapi oleh pekerja sampai pada tingkat ancaman terhadap kehidupan orang tersebut.

Oleh karena itu dapat dilihat bahwa dengan sebagian besar panduan poin yang disebutkan di atas, seorang siswa dapat lebih siap untuk menentukan jalur karier yang dapat memotivasi dirinya dengan baik.

  • Minat – ini adalah keinginan untuk memberi perhatian pribadi pada detail. Ini adalah faktor yang menggambarkan keinginan dan memberikan skala preferensi sesuai dengan urutan prioritas. Sudah jelas bahwa orang-orang melakukannya dengan sangat baik di area yang mereka minati. Minat menghitung banyak ketika pergi untuk pekerjaan tertentu karena asumsi adalah bahwa Anda akan dapat melakukan untuk kepuasan Anda dan berkontribusi positif kepada masyarakat. Minat memaksa seseorang untuk mencari lebih banyak pengetahuan dan memperoleh keterampilan baru yang selalu akan memberinya posisi terhormat di lapangan dan masyarakat.
  • Kebutuhan – Ini adalah paradigma yang berkaitan dengan studi kebutuhan masyarakat dan tren yang muncul dalam ekonomi negara-negara seperti bahwa seseorang terpaku dan tertantang untuk mengejar jalur karir yang akan memungkinkan dia untuk menyediakan barang dan / atau jasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebagai mereka muncul. Model ini menghasilkan penciptaan Identitas Profesional atau Niche.
  • Tuntutan – Penting bahwa studi intermiten dilakukan untuk menentukan pola permintaan barang / jasa. Setelah mengidentifikasi berbagai kebutuhan masyarakat sebagaimana adanya, analisis permintaan dan / atau analisis kecenderungan menyeluruh diperlukan dari waktu ke waktu untuk melengkapi siswa atau calon pekerja dengan statistik pasar yang relevan yang akan menginformasikan pilihan karir yang baik.
  • Masa depan – dalam membuat pilihan karir, orang harus mempertimbangkan apa yang masa depan untuk peran pekerjaan tertentu itu (s). Biasanya lebih aman untuk memiliki usaha pematangan jangka panjang meskipun faktanya bahwa usaha pematangan jangka pendek biasanya menyediakan dana pengeluaran harian. Berbicara tentang masa depan, orang harus berhati-hati terhadap undang-undang yang tidak terduga dan kebijakan fiskal pemerintah yang mungkin tidak menguntungkan bagi disiplin atau usaha tertentu dalam jangka panjang.
  • Kegunaan – karir yang baik harus sangat menguntungkan dan mampu melayani tujuan yang bermanfaat atau praktis. Dampak yang menguntungkan ini harus terlihat positif pada berbagai aspek upaya masyarakat terutama untuk mencapai:

    • Tujuan pribadi Anda
    • Tujuan Organisasi Anda
    • Semangat kerinduan dari komunitas lokal Anda
    • Keseluruhan tujuan strategis nasional
  • Belajar – istilah ini mungkin hanya merujuk pada perolehan pengalaman, pengetahuan atau keterampilan yang akan mempengaruhi perubahan permanen dekat dalam perilaku seseorang. Karier yang baik karenanya harus mampu menghadirkan beragam kesempatan belajar bagi individu. Peluang belajar adalah motivasi dan Organisasi yang memiliki budaya pelatihan dan pelatihan ulang personil lebih mungkin untuk menarik lebih banyak tenaga kerja profesional berpengalaman daripada pesaing mereka. Melalui pembelajaran berkelanjutan, Anda akan terpapar dengan pengetahuan yang akan membuat Anda berbeda dari yang lain sehingga membuat Anda menonjol di antara orang banyak.
  • Warisan – Bagi saya ini bukan sembarang kata dalam kamus bahasa Inggris melainkan benih yang ditaburkan untuk alasan-alasan positif yang pada akhirnya akan mengabadikan eksistensi. Menurut Kamus Kamar, itu adalah sesuatu yang diserahkan atau dibiarkan tidak selesai oleh pemilik sebelumnya atau pendahulu. Oleh karena itu, karir yang baik harus memberi seseorang kesempatan untuk meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga ia akan selamanya diingat olehnya. Ini selalu merupakan sejenis struktur yang harus ada untuk mengambil satu di luar batas kerajaannya.
  • Menghasilkan – ini adalah fungsi dari kemampuan untuk menghasilkan kuantitas tertentu dari produk alami, buatan, material atau keuangan dalam waktu tertentu. Karir yang baik karenanya harus dapat menghasilkan pengembalian yang diharapkan dan / atau dividen yang signifikan kepada individu, Organisasi dan Komunitas.

Oleh karena itu sangat penting bahwa Siswa atau Pemuda harus membuat penilaian diri yang valid dalam kaitannya dengan yang telah disebutkan sebelumnya untuk membuat pilihan karir yang rasional yang pada akhirnya akan membawanya ke luar batas kotanya. Oleh karena itu, bagi Siswa Onitsha-Ado, penilaian diri yang valid sesuai dengan yang disebutkan di atas akan memungkinkannya untuk mengambil posisi yang tepat dalam karier di luar Kerajaan Onitsha.

2.2 KARIER DI LUAR KERAJAAN ONITSHA – konsekuen atas hal tersebut di atas, seseorang dapat dengan yakin menyatakan bahwa karir di luar Kerajaan Onitsha adalah karir yang akan mengekspos individu ke cakrawala di luar bakat terkenal dari Onitsha-Ado Monarki karena pola karir telah dibuat dengan sadar untuk memastikan:

  • Motivasi
  • Stimulus bunga
  • Butuh kepuasan
  • Analisis permintaan
  • Relevansi masa depan
  • Kegunaan
  • Belajar
  • Warisan
  • Menghasilkan

Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menegaskan kembali bahwa memilih karir yang baik jarang terjadi secara kebetulan, tetapi melalui proses terlibat dari paradigma yang terlibat penuh perhatian. Anda semua adalah putra dan putri dari sebuah kerajaan besar yang berdiri lebih dari enam ratus tahun. Mohon lakukan yang terbaik yang Anda bisa untuk menjaga bendera terbang tidak peduli bahaya atau tantangan.

3.0 KESIMPULAN

Sebagai kesimpulan, Anda harus tetap mengingat kutipan saya yang rendah hati ini:

"Awan tebal dan berkabut dapat secara temporer mengaburkan visibilitas spontan Star

tetapi pada akhirnya harus memberi jalan bagi kemewahan yang mulia dari binar-binar yang mempesona ".

Ingatlah selalu bahwa Anda adalah Bintang dari kelahiran dan warisan. Pergilah pada saat itu dan tunjukkan kemewahan yang menakjubkan dari kerlingan Anda yang mempesona dengan karier di luar Kerajaan Onitsha.

Terima kasih.

Leave a Reply