• asiathemes[at]gmail[dot]com
  • (2)245 23 68

Nations of the World – Fakta Menarik Tentang Swaziland!

Nations of the World – Fakta Menarik Tentang Swaziland!

Selamat datang di Kerajaan Swaziland!

Kemerdekaan

Tahukah kamu- Pada tanggal 6 September 1968, negara – salah satu republik paling homogen di Planet – memproklamirkan kemerdekaan nasionalnya sebagai Kerajaan Swaziland di dalam Persemakmuran. Dengan demikian negara itu menjadi negara merdeka yang ke empat puluh dua di Afrika. Sejak saat itu, ia telah menjadi salah satu dari sedikit monarki di Dunia Ketiga. Selama hampir 70 tahun, sebelum 1968, Kerajaan Inggris telah memerintah negara itu sebagai Wilayah Komisi Tinggi Inggris. Faktanya, Swaziland adalah salah satu koloni terakhir Inggris di daratan Afrika.

Geografi

Tahukah kamu- Negara modern Swaziland terletak di Afrika Selatan dan benar-benar dikelilingi oleh Afrika Selatan yang sebelumnya berkuasa putih dan Mozambik (bekas koloni Portugis). Mencakup sekitar 6.704 mil persegi (17.363 km). Monarki Afrika – seukuran New Jersey – adalah negara terbesar ke 158 di dunia. Terlebih lagi, ini adalah salah satu negara terkecil di wilayah bekas koloni Inggris di Afrika, bersama dengan Lesotho, Mauritius, Seychelles, dan Gambia. Kerajaan kecil ini menikmati iklim yang baik. Sebagian besar bangsa ditutupi dengan pegunungan (hingga 4.500 kaki), hutan hujan, dan lembah.

Olimpiade Musim Panas

Tahukah kamu- Pada tahun 1968, kerajaan adalah salah satu negara baru di dunia, tetapi tidak menjadi negara Olimpiade sampai 1972.

Hubungan Luar Negeri

Tahukah kamu- Kerajaan Swaziland, yang dulu merupakan negara anti-komunis, mempertahankan hubungan diplomatik dan ekonomi yang erat dengan Afrika Selatan, dan Jepang, serta Korea Selatan dan Amerika Serikat. Sejak itu, dikenal karena ikatannya yang kuat dengan London. Sementara itu, sejak kemerdekaannya (1968), Swaziland adalah salah satu dari sedikit negara Afrika di dunia yang belum memiliki hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Cina.

Sumber air

Tahukah kamu- Terlepas dari ukuran negara – salah satu dari negara terkecil di Bumi – Kerajaan Swaziland adalah salah satu wilayah sub-Sahara Afrika yang berair. Seperti Suriname, Kepulauan Solomon, dan Norwegia, itu adalah rumah bagi sejumlah sungai. Sungai-sungai utama meliputi: sungai Ingwavuna di selatan, sungai Makondo di barat daya, sungai Usutu dan Ngwempisi di barat, serta sungai Lomti dan Black Umbeluzi di utara.

Orang-orang

Tahukah kamu- Lebih dari satu juta orang tinggal di negara ini, sebagian besar orang kulit hitam berbahasa Swazi. Selain itu, ada sejumlah warga Swaziland yang dipekerjakan di Afrika Selatan dan negara lain.

Organisasi Internasional Utama

Tahukah kamu- Bangsa ini menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 24 September 1968. Pada saat yang sama, ia menjadi anggota Persemakmuran Inggris yang ke dua puluh delapan.

Kekuasaan & Wanita

Tahukah kamu- Pada awal 1980-an, negara yang terkurung daratan ini menjadi berita utama dunia ketika memiliki dua Queens. Setelah kematian Raja Sobhuza II, Ratu regu Dzeliwe Shongwe memerintah kerajaan kecil, antara tahun 1982 dan 1983, dan berbulan-bulan kemudian Ntombi Twala menjadi Kepala Negara kedua perempuan negara itu sejak tahun 1968. Menurut tradisi Swazi, raja baru dipilih oleh Ibu Suri (Ndlovukazi atau She-Elephant). Pada tahun 1921, Sobhuza II, yang merupakan salah satu raja tertua di dunia, dipilih oleh She-Elephant.

Bahasa

Tahukah kamu- Monarki ini adalah negara dengan dua bahasa resmi, bahasa Inggris dan siSwati.

Margasatwa

Tahukah kamu- Meskipun ukurannya sangat kecil, tanah ini terkenal dengan berbagai macam hewan liar, seperti gajah, singa, badak, dan macan tutul. Selain itu, tempat ini juga terkenal karena kehidupan burungnya. Di Lubombo, misalnya, ada lebih dari 350 spesies burung eksotis. Dalam beberapa tahun terakhir, Suaka Margasatwa Mlilwane telah menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di negara ini.

Keajaiban Baru

Tahukah kamu- Kerajaan kecil adalah rumah bagi salah satu tambang tertua di dunia. Ditemukan di Ngwenya, distrik Hohho, pada tahun 1970. Keajaiban baru ini adalah salah satu tempat wisata utama di Swaziland.

Dua Ibukota

Tahukah kamu- Tidak seperti sejumlah negara di dunia, negara yang berbahasa Inggris ini memiliki dua ibukota. Mbabane adalah ibukota administratif, sementara Lobamba adalah ibu kota tradisional. Mbabane -lies di dataran tinggi barat Swaziland– adalah kota terbesar dan didirikan pada awal 1900-an. Dengan populasi 100.000 orang, Mbabane adalah rumah sejumlah pasar tradisional, restoran yang sangat baik, taman yang menakjubkan, dan hotel yang menakjubkan. Pada abad ke-2, tempat Swazi ini menjadi salah satu kota paling damai di Afrika bagian selatan. Sementara itu, Lobamba memiliki tempat-tempat menarik, seperti Taman Peringatan Raja Sobhuza II dan Museum Nasional.

Ekonomi

Tahukah kamu- Monarki Afrika ini diberkati dengan air yang melimpah dan beberapa mineral, seperti bijih besi, asbestos, timah, kaolin, batu bara, emas, barit, dan intan. Di sisi lain, dari 1984 hingga 1994, Kerajaan Swaziland menyombongkan salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia (6,5%), di depan beberapa negara Asia.

Pengunjung yang terkenal di dunia

Tahukah kamu- Paus Yohanes Paulus II datang ke negara itu pada tahun 1988.

Leave a Reply